Mengulas Sejarah Tentang Berdirinya Xiomi

Xiaomi memiliki 15.000 karyawan di Cina, Malaysia, Singapura dan meluas ke negara lain seperti Indonesia, Filipina  dan Afrika Selatan. Lei Jun pendiri dan CEO Xiomi diperkiraka mendapat pendapatan  bersih sekitar  US$6,8 miliar. Dia  berada di urutan  ke-24  orang terkaya di Cina pada tahun 2007. Xiaomi menjadi start-up teknologi  paling bernilai  setelah mendapat  dana US$1,1 miliar dari para investor, menjadikannya  memiliki nilai  aset lebih dari US$46 miliar.

Sedangkan “mi” merupakan  sinomin dari ponsel  internet dan juga bisa  disebut misi  yang tidak mungkin  terselesaikan, yang mengarah  pada rintangan  yang dihadapi saat mulai mendirikan perusahaan. Beliau menyatakan bahwa nama tersebut  menarik

Asal-usul nama Xiaomi

Xiaomi dalam bahasa Cina yang berarti Millet, yang artinya  tumbuhan sekoi. Di tahun 2011 CEO  Xiaomi  lei Jun  menjelaskan bahwa  ada maksud  yang lebih mendalam  dari hanya sekedar  milet atau nasi. Dia menghubungkan Xiaomi  bagian dari konsep  Budha yang berarti  “sebiji nasi Budha  yang besarnya  seperti gunung” yang melambangkan  bahwa Xiaomi  dimulai hal-hal kecil  bukan usaha untuk bertahan.

Pada tahun  2012 Lei Jun mengtakan bahwa nama tersebut merupakan revolusi  dan dapat membawa inovasi  di era baru. Prosesor”senapan “ terbaru Xiaomi  telah di berikan  pad beberapa perangkat  terahir dan  menghubungkanya kata  terahir yang bermakna  partai komunis Cina sekoi dan senapan  yang merupakan  ungkapn revolusioner selama perang sino kedua Jepang.

Tahun 2010

Xiaomi didirikan  oleh Llei Jun dan 6 rekanya  yang lain pada April 2010,.

Rekanya diantaranya:

  • Lin Bin, wakil presiden insitut teknik google Cina
  • Dr Zhou Guangping, direktur senior  pusat R&D Motorola Beijing
  • Liu De, kepala departemen desain industry  di Universitas sains dan teknologi  Beijing
  • Li Waqiang, menejer umum Kingsoft  Dictionary
  • Wong Kong-Kat, menejer pengembangan
  • Hong Feng, menejer produksi google Cina

Xiaomi mendapat pendanaan  pertama kali  dari lembaga investor seperti  temasek holdings,(perusahaan investasi milik pemerintah Singapura), IDG Capital, Qiming dan pengembangan  prosesor ponsel  Qualcomm.

Pada 16 agustus 2010 Xiaomi  secar resmi meluncurkan Android pertama  berbasis OS MIUI.

Tahun 2011

Smartphone Xiaomi Mi 1 di umumkan pad agustus  2011. Smartphone tersebut Xiaomi tersebut dikirim dengan OS  Xiaomi MIUI yang berasal  dari Android  dan mirip  TouchWich Samsung  dan Apple iOs. Smartphone  ini dilengkapi dengan  OS Android.

Tahun 2012

Pada Agustus 2012  Xiaomi mengumumkan  smartphone Xiaomi  Mi 2. Smartphone ini dilengkapi  dengan prosesor  Qualcom Snapdragon S4 pro APQ8064 1,5 GHZ quadcore  RAM 2 GB dan GPU andreno.

Tahun 2013

Pada 24 september 2013  Xiaomi menjual lebih dari  10 juta  unit Mi 2 dalam kurun waktu  11 bulan. Smartphone Mi 2 dijual oleh vedor ponsel  di Australia, Eropa, Selandia Baru, Inggris, dan Amerika.

Pada September 2013, Xiami mengumumkan Mi 3  yang dilengkapi dengan  Snapdragon 800 dan chipset nVidia Terga 4, dengan kecepatan 2,3 Ghz Quadcore Krait Chip dan RAM 2 GB dengan GPU 330.

Pada 5 September 2013 CEO Xiaomi  Lei Jun mengumkan rencana untuk meluncurkan  Smart TV Android 47 inci, yang akan di rakit oleh perusahaan manufaktur Sony :Winstron Corporation” di Taiwan. Perusahaan ini menyatakan  bahwa kemampuan  Winstron  dalam memasok akan menguntungkan.

Pada September 2013, Xiaomi mengumkan  rencana untuk membuka  pusat layanan pertama di Beijing. Pada Oktober 2013 Xiaomi  menjadi smartphone  kelima yang paling  banyak di pakai di Cina.