Berkeringat ketiak yang berlebihan bisa membuat Anda merasa tidak nyaman, tetapi tidak harus tidak terhindarkan. Ada banyak metode untuk mencegah keringat yang bisa Anda coba langsung di rumah. Ada beberapa solusi alami dan bebas yang dapat mengurangi atau menghilangkan keringat berlebih pada ketiak. Beberapa di antaranya adalah:

Hindari makanan yang memicu keringat

Tahukah Anda bahwa diet Anda dapat memengaruhi seberapa banyak Anda berkeringat? Dan beberapa makanan dapat menyebabkan tubuh Anda memproduksi lebih banyak keringat daripada yang lain. Jika Anda merasa terlalu banyak berkeringat, mengurangi atau menghilangkan makanan yang memicu keringat dalam diet Anda bisa membantu.

Makanan dengan kandungan serat rendah memaksa sistem pencernaan Anda bekerja lembur untuk memecah makanan Anda. Diet tinggi natrium berarti tubuh Anda akan mendetoksifikasi semua garam itu dalam bentuk air seni dan keringat berlebih. Dan makan makanan yang tinggi lemak menyebabkan bagian dalam tubuh Anda menjadi hangat saat tubuh Anda memproses lemak.

Beberapa makanan dan minuman lain yang bisa memicu ketiak berkeringat termasuk:

  • makanan yang diproses
  • minuman keras dan bir
  • bawang putih dan bawang bombai
  • makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi
  • kafein
  • hidangan panas dan pedas
  • Makan lebih banyak makanan yang mengurangi keringat

Beberapa makanan benar-benar dapat mengurangi jumlah keringat yang diproduksi tubuh Anda dan menenangkan kelenjar keringat yang terlalu aktif dalam prosesnya. Saat ingin mengurangi keringat melalui diet Anda, penting untuk fokus pada makanan yang tidak akan membebani sistem pencernaan Anda. Anda juga ingin mencari makanan yang tidak terlalu merangsang sistem saraf Anda dan menenangkannya.

Gunakan antiperspiran topikal

Bosan dengan noda keringat di baju Anda? Cobalah membuang deodoran standar Anda dan beralih ke antiperspirant. Deodoran dapat membunuh bau di bawah lengan Anda, tetapi itu tidak dirancang untuk menghentikan Anda dari berkeringat sepenuhnya. Antiperspiran membunuh bakteri penyebab bau dan secara aktif memblokir kelenjar keringat Anda dari memproduksi keringat ketiak. Ini bisa membantu meringankan ketidaknyamanan Anda.

Bagaimana Panduan Mencegah Ketiak Berkeringat yang harus Anda Coba?

Namun, bagi sebagian orang, antiperspiran yang dijual bebas tidak cukup berhasil. Jika Anda menemukan bahwa antiperspiran biasa tidak bekerja untuk Anda, cari antiperspiran kuat dengan jumlah aluminium klorida yang lebih tinggi, bahan aktifnya (setidaknya 13 persen). Dan jika itu tidak berhasil, bicarakan dengan dokter Anda tentang mendapatkan resep untuk antiperspirant yang lebih kuat. Penting juga untuk memastikan Anda menerapkan antiperspiran dengan benar sehingga dapat melakukan tugasnya sebagaimana mestinya. Ini berarti Anda harus:

Tunggu antara mandi dan berpakaian

Setelah Anda mandi, tunggu beberapa menit sebelum Anda berpakaian untuk hari itu. Ini sangat penting jika Anda mandi air panas atau hidup di iklim yang panas dan lembab. Membiarkan tubuh Anda menjadi dingin dan kering sebelum Anda mengenakan pakaian dapat membantu mencegah ketiak Anda berkeringat tepat setelah Anda mandi.

Cukur ketiak Anda

Mencukur ketiak Anda bisa mengurangi keringat berlebih. Rambut memiliki kelembapan, dan rambut ketiak tidak terkecuali. Jika Anda sudah mengalami keringat berat di bawah lengan, mencukur sangat penting. Dan jika Anda terus-menerus melawan bau badan di samping keringat, bercukur juga bisa membantu mengurangi atau menghilangkannya.

Kenakan pakaian bernafas yang longgar

Mengenakan pakaian ketat terutama pakaian yang nyaman di bawah lengan Anda dapat menyebabkan noda ketiak di baju Anda. Mereka juga bisa membuat Anda lebih banyak berkeringat. Sebaliknya, coba kenakan kain yang bernapas dan pakaian yang pas lebih longgar. Ini akan membuat ketiak Anda dingin dengan baik dan bisa mencegahnya berkeringat dan mengotori pakaian Anda. Demikianlah Artikel tentang Cara Mencegah Ketiak Berkeringat yang harus Anda Coba semoga bermanfaat.