Inilah Vaksin Corona Virus yang di Gratiskan di Beberapa Negara

  • Whatsapp
Vaksin Corona

Corona virus telah menyebar ke berbagai belahan Negara. Dengan hebatnya virus ini telah membunuh 1,5 juta orang di dunia dalam catatan siklus data oleh Universitas Johns Hopkins di Amerika Serikat (AS). Semua Negara berlomba meneliti untuk pembasmian virus corona dari muka bumi, yang mana awal mula muncul virusnya dari Negara China khususnya di kota Wuhan. Sejumlah perusahaan-perusahaan yang berbau kesehatan yakni farmasi ternama di seluruh dunia seperti perusahaan Pfizer, Biotech, Astrazeneca, dan Moderna berhasil menciptakan suatu vaksin.

Sebagian besar yang dapat dipercaya dan telah lulus uji klinik laboratorium bahwa sangat efektivitas dan menjanjikan dalam pemakaiannya, walupun masih ada sebagian perusahaan yang masih dalam tahap pengujian oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Sebanyak 100 kandidat vaksin covid-19 ditemukan dan untuk dikembangkan di dunia. Dalam uji tahap vaksin ini harapan dari semua Negara dapat mencabut peraturan lockdown dan pembatasan pada setiap Negara yang menjadi kesulitan untuk beraktivitas secara bebas di luar rumah.

Ada beberpa sejumlah Negara yang memberikan pengumuman bahwa vaksin yang akan diberi untuk setiap warga negaranya tak dipungut biaya (gratis). Tidak hanya Negara maju yang mengratiskan pem-vaksinan ini, ada beberapa Negara berkembang yang turut mengumumnkan  gratisnya vaksin corona virus tersebut. Di antaranya :

  1. Inggris

Salah satu Negara pertama di dunia yang memberikan persetujuan untuk penggunaan darurat vaksin buatan Pfizer-BioNTech. Pemerintahan Inggris mendahulukan bagi kelompok yang paling rentan, yang mana mencakup sekitar seperempat penduduk Inggris.

Urutan prioritasnya pada panti jompo dan perawatnya. Selanjutnya diberikan kepada orang berusia 80 keatas dan perawatnya, usia 75 tahun ke atas, serta usia 70 tahun ke atas dan kesehatannya yang sudah menurun. Orang yang berusia 65 tahun ke atas, usia 16 hingga 64 tahun yang mengidap penyakit bawaan, usia 60 tahun ke atas, usia 55 tahun ke atas, serta usia 50 tahun ke atas.

  1. Malaysia

Menurut Perdana Mentri Malaysia Muhyiddin Yassin, vaksin covid-19 akan diberikan gratis kepada seluruh warga Malaysia, tetapi tidak untuk orang asing yang menetap di Malaysia. Diharuskan untuk membayar yang sudah di tentukan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia.

  1. Singapura

Pemerintah Singapura telah memutuskan untuk menggratiskan vaksinasi covid-19 untuk semua warganya dan penduduk asing yang tingga lama di Singapura, kata Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Long, senin (14/12/2020)

  1. Australia

Di Australia, belum dilakukan dan masih belum ada tanggal pasti kapan akan dilakukan, Pemerintah mengumumkan akan memprioritaskan vaksin kepada mereka yang rentan tertular, kelompok usia lanjut dan tenaga kesehatan.

  1. Mesir

Menurut Menteri Kesehatan Mesir Hala Zayed, warga Mesir akan diberikan vaksin civid-19 buatan Sinpharm, China, secara gratis. Vaksin Sinopharm memiliki kemanjuran 86 persen melawan covid-19, menurut Pejabat Mesir dan Uni Emirat Arab (UEA) setelah Kairo menyelesaikan uji klinis.

  1. Jepang

Jepang memberikan vaksin corona virus gratis berdasarkan UU yang di sah kan pada 2 Desember

  1. Prancis

Prancis memastikan dalam vaksinasi dilakukan secara gratis dengan skema jaminan sosial.

  1. Bangladesh

Dalam rapatnya Kabinet yang dipimpin Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina pada 30 November 2020 mengumumkan bahwa 30 juta vaksin covi-19 diberikan secara gratis. Vaksin tersebut berasal dari Oxford Astra Zeneca yang diproduksi  Serum Institute of India.

  1. Amerika Serikat (AS)

Joe Biden sebelumnya sudah berjanji vaksinasi covid-19 gratis untuk semua rakyat AS, sebagai janji teripilih menjadi presiden.

  1. Kanada

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau sebelumnya mengonfirmasi jika vaksin covid-19 yang disetujui oleh Health Canada akan tersedia secara gratis untuk semua warga Kanada.

  1. Maroko

Raja Maroko Mohammed VI telah memerintahkan agar semua warga Maroko mendapatkan vaksin covid-19 secara gratis.

Dalam berita lain ada sejumlah Negara uga yang menggratiskan vaksin covid-19 ini seperti Pakistan, Finlandia, India, dan Norwegia. Sejumlah Negara diatas sudah dalam catatan publik bahwa proses vaksinasi akan gratis. Untuk lebih lanjut mengetahui beritanya, bisa mendownload aplikasi Halodoc yang menyajikan berbagai berita seputar kesehatan.

Referensi :

  • Kompas.com. Diakses pada 16 Desember 2020. 11 Negara Ini Gratiskan Vaksin Covid-19 Kepada Warganya
  • Liputan6. Diakses pada 14 Desember 2020. Deretan Negara yang Gratiskan Vaksin Corona Covid-19 ke Warganya
  • Merdeka.com. Diakses pada 15 Desember 2020. 7 Negara yang Beri Vaksin Covid-19 Gratis ke Warganya

Related posts