Inilah Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Tanya Jawab Dokter Spesialis Penyakit Dalam

  • Whatsapp
Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Adanya aplikasi tanya jawab dokter spesialis penyakit dalam yang dilakukan secara online memang akan sangat membantu untuk memberikan diagnosis lebih awal sebelum memutuskan untuk memeriksakan diri ke dokter dan dilakukan tes laboratorium untuk mengetahui penyakit apa yang sedang ada di dalam tubuh. Biasanya konsultasi dengan dokter yang menangani spesialis penyakit dalam memang sangat erat hubungannya dengan adanya gangguan organ yang ada di dalam tubuh seorang pasien. Berdasarkan dari hasil konsultasi tersebut nantinya yang akan digunakan untuk memberikan tindakan yang lebih lanjut seputar rencana pengobatan yang akan diberikan kepada pasien yang bersangkutan.

Jadi dokter spesialis penyakit dalam adalah dokter yang menangani masalah kesehatan yang ada kaitannya dengan organ yang ada di dalam tubuh manusia dan biasanya berhubungan dengan kinerja dari organ tersebut. Dokter yang secara khusus memberikan penanganan untuk penyakit dalam adalah mereka yang biasanya sering disebut dengan dokter spesialis khusus penyakit dalam atau Sp.PD (internis). Dengan begitu dapat dijelaskan bahwa konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam bertujuan untuk membantu pasien dalam memberikan keterangan diagnosis, tindakan pencegahan dan jenis penyakit apa yang sedang diderita oleh pasien.

Halodoc merupakan salah satu aplikasi yang tentunya akan sangat membantu memberikan penjelasan dan diagnosis seputar masalah penyakit dalam. Di dalam aplikasi halodoc ada banyak sekali dokter yang bisa dipilih sesuai dengan keluhan yang dialami. Tidak terkecuali dengan dokter spesialis yang menangani masalah penyakit dalam yang sudah profesional di bidangnya. Jadi halodoc adalah salah satu aplikasi terbaik yang bisa dipilih untuk melakukan konsultasi seputar penyakit dalam secara online. Bagi Anda yang saat ini akan melakukan tanya jawab dengan dokter spesialis penyakit dalam, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Riwayat kesehatan pasien

Biasanya saat konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam sebelumnya dokter akan menanyakan apakah sebelumnya sudah pernah melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Seperti contohnya adalah hasil tes laboratorium, pemeriksaan MRI yang sebelumnya sudah pernah dijalani oleh pasien sampai dengan hasil foto rontgen hal ini bertujuan untuk mempermudah dokter dalam tindakan penanganan selanjutnya yang perlu dilakukan.

  • Obat-obatan yang sedang dikonsumsi

Selain menanyakan riwayat kesehatan, dokter juga akan bertanya apakah saat ini sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu baik obat yang di dapatkan dari resep dokter atau obat-obatan herbal. Dengan begitu akan sangat membantu dokter untuk mengetahui dengan jelas obat apa yang sedang dikonsumsi oleh pasien. Dari obat tersebut dokter akan segera mengetahui penyakit apa yang sedang diderita oleh pasien.

  • Surat rujukan dari dokter

Sebelum memutuskan untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam, hal penting yang harus diperhatikan adalah dengan mempersiapkan surat rujukan yang sudah didapatkan dari dokter umum atau dokter spesialis yang lebih dulu menangani. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepada dokter spesialis penyakit dalam tentang kondisi pasien saat itu serta memberikan gambaran pengobatan yang akan dilakukan sampai dengan memberikan penanganan yang lebih lanjut.

Tanya jawab dokter spesialis penyakit dalam dirasa memang sangat diperlukan apabila setelah melakukan pengobatan yang ada kaitannya dengan masalah kesehatan organ tubuh namun kondisi tidak kunjung membaik. Dengan begitu akan sangat mudah bagi seorang pasien untuk mengetahui lebih lanjut tentang kondisi kesehatan dan tindakan apa yang perlu dilakukan untuk proses penyembuhan dari penyakit yang sedang diderita.

Related posts