Cara Membuat Cumi Crispy Dengan Tepung Kobe

Cumi crispy sering menjadi favorit para keluarga sebagai hidangan lauk pauk. Cita rasa yang gurih dan krispi semakin mantap bila dicocol bersama saus sambal madu. Kalau sudah buat hidangan utama berupa cumi crispy cocok saus sambal madu dengan tepung kobe yang enak, kamu tidak lagi perlu untuk buat lauk lainnya. Proses masaknya juga cuma berlangsung selama 30 menit saja guys. Jadi tidak terlalu lama untuk buat hidangan ini. Kamu yang penasaran terhadap cara membuatnya, bisa langsung lihat resep cumi crispy berikut.

Bahan – bahan:

  • 200 gram cumi-cumi dan iris dengan lebar 1 cm
  • 1 sdt kaldu jamur
  • 1 sdt bubuk bawang putih
  • 1/2 sdt bubuk cabai
  • 1/2 sdt bubuk ketumbar
  • 1/2 sdt bubuk kunyit
  • 1 butir telur ayam yang dikopyok
  • 175 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung beras
  • Minyak goreng untuk menggoreng
  • Garam

Cara membuat cumi crispy:

  1. Siapkan mangkuk yang cukup untuk menampung seluruh bahan tepung dan campuran dengan bumbu bubuk. Selain itu, bisa langsung coba untuk tuang tepung terigu maupun tepung beras.
  2. Masukkan juga seluruh bumbu bubuk ke dalam campuran tepung. Campur juga garam sedikit saja sekitar sepucuk sendok teh. Aduk-aduk sampai merata dengan menggunakan sendok. Sisihkan dahulu adonan tepung kering berbumbunya.
  3. Cuci bersih seluruh irisan cumi-cumi dan rendam ke dalam perasan jeruk nipis. Proses perendaman diamkan selama 15 menit. Merendam dalam perasan jeruk nipis akan membantu mengurangi kandungan timbal maupun bau amis pada cumi-cumi.
  4. Buang air perasan dan kembali cuci cumi-cumi.
  5. Masukkan cumi-cumi ke dalam tepung dengan cara diguling-gulingkan.
  6. Celupkan cumi-cumi bertepung ke dalam kopyokan telur.
  7. Guling-gulingkan kembali ke adonan tepung.
  8. Ulangi langkah ini sampai seluruh irisan cumi-cumi bertepung.
  9. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api kecil.
  10. Masukkan cumi-cumi mentah.
  11. Biarkan warna tepung berubah menjadi golden brown alias coklat keemasan. Angkat dan tiriskan cumi crispy yang sudah matang.
  12. Goreng semua irisan cumi sampai habis.
  13. Hidangan cumi crispy siap untuk disajikan dan disantap.

Penutup

Namun, tantangan membuat hidangan ini adalah bagaimana menghasilkan tekstur cumi yang crispy dan tidak alot. Goreng cumi dalam api yang panas dengan api besar, tapi sebentar saja. Menggoreng terlalu lama akan membuat tekstur cumi jadi keras. Gunakan tepung protein tinggi agar bisa tetap renyah dalam waktu lama. Buat dua adonan yaitu tepung basah dan tepung kering.

Pastikan untuk menyajikan hidangan ini bersama saus sambal yang dicampur sedikit madu. Aduk-aduk sampai merata sausnya dan siap disantap bersama makanan ini. Usahakan menyiapkan nasi dalam jumlah yang cukup, sehingga tidak kurang bila ada yang ingin nambah. Untuk resep lainnya.

Related posts