Cara Profesional Untuk Menjadi Mobil Balap Anda Bisa Jadi Pemenang

Mobil balap banyak jenisnya di dalam perlombaan balap mobil, membuat sebagian orang  tidak dapat mebedakan jenis-jenis perlombaan tersebut. Sebenarnya  terdapat sebagai bentuk perlombaan balap mobil  yang dilaksanakan  dengan dasar atau latar belakang yang berbeda misalnya berdasarkan dengan kategori mobil, maupun lintasan yang di pakai. Menampilkan  bermacam jenis  perlombaan  mobil yang ada, antara lain:

  •  Open Wheel Racing

Formula 1 sebagai jenis perlombaan paling professional dalam balap mobil, termasuk dalam jenis ini Open wheel Racing  dilakukan pada lintasan  khusus yang terpisah  dari aktivitas  kendaraan lainnya, dan di khususkan  untuk perlombaan ini saja. Mobil di gunakan merupakan jenis mobil dengan  setir di bagian luar badan mobil., dan biasanya hanya memiliki satu tempat duduk.

  • Endurance championship

Endurance Championship termasuk dalam jenis perlombaan ini. Perlombaan berlangsung selama 24 jan non-stop. Tujuannya adalah untuk menguji teknologi, ketahanan mesin, strategi balap, serta ketahanan fisik maupun mental pembalap.

  • Touring car racing

Perlombaan ini di lakukan dengan menggunakan mobil-mobil yang kemampuan sama, meskipun di buat oleh produsen yang berbeda-beda. Lintasan yang dilakukan juga merupakan lintasan khusus seperti Sirkuit mobil balap di sentul, bukan jalan raya atau pun ruang lintasan larinya.

  • Steet racing

Mobil balap yang ada di film Need For Speed termasuk dalam jenis perlombaan ini. Street Racing di lakukan di jalan raya kota, menggunakan supercar atau pun  mobil biasa yang telah di tingkatkan  kemampuan mesin ya. Biasanya perlombaan ini di lakukan secara ilegal, meskipun  terdapat beberapa perlombaan  yang di laksanakan atas se izin pemerintah setempat.

  • Drift car racing

Drift car racing dapat dilakukan di lintasan khusus, Sirkuit yang di bangun secara khusus, maupun di jalan raya. Aspek penilaian utama pada perlombaan ini adalah keahlian pembalap dalam tikungan. Kemudian, peserta dalam perlombaan ini dapat berupa perorangan, pasangan, maupun satu kelompok balap.

  • Sport car racing

Perlombaan ini di lakukan dengan menggunakan sport car yang memiliki performa  yang setara satu sama lain. Performa yang termasuk antara lain  kecepatan maksimum, tenaga mesin, berat mobil, tinggi dan lebar mobil, serta ketentuan mekanis  lain yang di terapkan berbeda-beda  pada setiap kelas perlombaan. Lintasan yang di gunakan  merupakan lintasan yang dibuat khusus untuk perlombaan, berupa Sirkuit yang tidak tergabung dengan jalan raya biasa.

  • Strock car racing

Perlombaan mobil balap ini sangat populer di amerika. Contohnya  lomba ini yang paling  terkenal ialah NASCAR. Mobil yang di gunakan ialah mobil balap khusus yang di bangun  dari mobil bekas, mobil yang pernah kecelakaan, mobil tua atau pernah mengalami kerusakan parah. Aspek yang di nilai ialah ketahanan pembalap maupun mobil , dan kunci kemenangan terletak pada strategi  serta kemampuan  menyalip.

  • Rally

Mobil yang di gunakan dalam perlombaan ini merupakan mobil khusus  untuk rally. Peserta lomba di nilai  berdasarkan  penguasanya dalam menyetir  mobil tersebut, serta berdasarkan waktu tempuh tercepat. Lintasan lomba juga merupakan lintasan khusus  dengan lebar dan dan medan tertentu, di tambah dengan tantangan dari cuaca. Oleh karena itu, lomba jenis ini  membutuhkan konsentrasi, kesabaran, serta  ketahanan dari pembalap.

  • Off road racing

Seperti yang di cerminkan  oleh namanya, lomba ini di lakukan pada lintasan  off-road. Peserta harus menempuh medan  yang berat dan di uji  kemampuannya  dapat menyelesaikan lintasan. Medan yang di maksud  antara lain tanah berlumpur , pasir, jalan yang permukaannya tidak rata.