5 Pilihan Mainan Anak Edukatif untuk Menambah Kreatifitas

  • Whatsapp
Mainan Anak Edukatif

Sebelum memulai sekolah ada banyak hal yang dapat dilakukan anak-anak, salah satunya bermain. Yah bermain adalah bagian dari dunia anak-anak. Selain menyenangkan, bermain dapat menstimulasi perkembangan daya pikir anak. Ada banyak pilihan mainan anak edukatif  yang bisa Anda berikan untuk buah hati Anda, jadi jangan sampai salah pilih yah moms.

Sebagai orang tua pastinya Anda ingin memberikan yang terbaik untuk anak Anda, termasuk dalam tumbuh kembangnya. Tapi sayangnya di zaman teknologi yang serba canggih ini, anak usia 2 tahun pun sudah mengenal yang namanya gadget. Bahkan tak jarang banyak orang tua di luar sana yang membiarkan anaknya bermain gadget hingga berjam-jam. Padahal sebagai orang tua, kita sebaiknya bijak dalam hal permainan anak kita. Ada banyak pilihan mainan anak edukatif yang bisa Anda berikan untuk menambah kreatifitas anak seperti di bawah ini.

Pilihan Mainan Anak Edukatif untuk Menambah Kreatifitas

Selain membuat anak-anak senang kegiatan bermain ini akan membawa banyak hal positif untuk anak. Dengan memainkan pilihan mainan anak edukatif ini akan melatih perkembangan fisik, sosial, emosional dan kognitif buah hati Anda.

  1. Puzzle

Bermain puzzle akan mengajarkan anak untuk memecahkan teka-teki sehingga bermanfaat untuk melatih motorik halus anak. Puzzle juga termasuk mainan edukasi anak 2 tahun ke atas yang dapat melatih otak. Dalam bermain puzzle cobalah sesekali menemani anak Anda memainkannya agar tidak cepat bosan. Berikan reward kecil kepada anak jika berhasil menyusunnya dengan sempurna, misalnya memberikannya permen kesukaannya.

  1. Bricks

Bricks merupakan salah satu contoh permainan kreatif anak usia 4-5 tahun yang dapat mengajarkan anak untuk melakukan kerja sama tim. Hampir sama seperti lego, cara bermain bricks yaitu dengan mengikuti instruksi yang telah disediakan. Anda bisa membimbing anak Anda untuk menyusunnya. Permainan ini juga akan melatih kesabaran anak serta mengajarkan anak agar harus menyelesaikan setiap pekerjaan yang dilakukannya sampai tuntas.

  1. Building Blocks

Building blocks lebih tepatnya merupakan salah satu jenis permainan anak usia 6-12 tahun karena cara bermainnya yang agak sulit dimainkan untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun. Pilihan mainan anak edukatif yang satu ini tidak hanya bermanfaat untuk melatih fisik, emosi, dan sosial tapi juga mengajarkan anak dalam perbandingan, klasifikasi, urutan dan penalaran logis. Kelebihannya lagi Building blocks juga dapat menambah kosakata si kecil serta meningkatkan kemampuan matematika, geometri dan gravitasi.

  1. Mainan Profesi

Ada banyak permainan profesi yang bisa Anda berikan untuk anak, seperti dokter, polisi, pilot, salon, dan lainnya. Permainan ini bertujuan untuk mengajarkan anak mengenal lebih banyak lagi profesi pilihannya. Tapi sebelum memberikan permainan ini sebaiknya Anda mengetahui profesi apa yang jadi pilihan anak Anda.

  1. Papan Tulis

Papan tulis adalah jenis permainan yang bisa dimainkan oleh semua umur, baik itu sebagai mainan edukasi anak 5 tahun, mainan edukasi anak 6 tahun, dan seterusnya. Meskipun anak Anda belum bisa menulis, tapi papan tulis ini bisa mengajarkan anak bagaimana cara memegang spidol dan menggambar. Papan tulis ini juga berfungsi sebagai sarana corat coret anak agar tidak menggambar di dinding rumah.

Daripada memberikan gadget yang hanya akan merusak mata anak, memberikan pilihan mainan anak edukatif di atas jauh lebih bermanfaat untuk melatih kreatifitas anak. Penting juga memberikan permainan yang sesuai dengan umur anak, misalnya jangan memberikan permainan berukuran kecil untuk anak di bawah dua tahun untuk menghindari risiko tertelan pada mulut anak. Jadilah orang tua yang bijak yah moms!

Related posts